Polres Sukabumi Kota Amankan Tiga Terduga Penyalahgunaan BBM Bersubsidi dan Dua Unit Truk Modifikas


POLRES SUKABUMI KOTA – Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY. Zainal Abidin didampingi Kabag Ops dan Kasat Reskrim memperlihatkan Tiga terduga penyalahguna BBM bersubsidi dan Dua unit mobil truk modifikasi saat menggelar jumpa pers di Mapolres Sukabumi Kota, Kamis (1/12/2022).

Kepada wartawan, AKBP SY. Zainal Abidinmenyebut pengungkapan kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi tersebut berhasil dilakukan usai mendapatkan informasi masyarakat pada Minggu (28/11/2022) sore.

“Kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi ini bisa kami ungkap berdasarkan informasi masyarakat yang selanjutnya kita lakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan Tiga tersangka serta beberapa barang bukti tindak pidana penyalahgunaan BBM bersubsidi pada hari Minggu (28/11/2022) sekitar pukul 16.00 WIB,” sebut Zainal Abidin kepada awak media.

“Ketiga tersangka dengan inisial AG selaku koordinator, serta YAS dan S selaku pelaksana berikut barang bukti tersebut kita amankan di wilayah Desa Babakan Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Ketiga orang ini merupakan orang luar daerah yang sudah melakukan pemetaan terhadap situasi dan kondisi di wilayah Sukabumi dan melaksanakan aktivitasnya dalam penyalahgunaan BBM bersubsidi,” terangnya.

“Dari hasil keterangan ketiga tersangka ini, mereka menyampaikan masih terdapat Satu tersangka dengan inisial AJ yang bertindak selaku pemodal dimana saat ini dinyatakan masuk dalam DPO (daftar pencarian orang) Sat Reskrim Polres Sukabumi Kota,” sambungnya.

AKBP SY. Zainal Abidin mengungkapkan modus yang dipergunakan ketiga tersangka dengan melakukan pengisian BBM bersubsidi secara normal di beberapa SPBU di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

“Adapun modus operandi yang mereka pergunakan, dimana salah satu tersangka berinisial S mempergunakan truk box untuk melakukan pengisian di beberapa SPBU dalam kategori normal dimana kapasitas mobil tersebut dapat diisi dengan maksimal 100 liter,” ungkapnya.

“Mobil truk box tersebut sudah dimodifikasi dengan tanki buatan yang dilengkapi dengan sistem. Jadi bbm yang diisi ke tanki yang normal tersebut bisa disedot dan diangkat ke dalam 4 buah torn yang sudah dipersiapkan dalam truk box dengan kapasitas masing-masing 1000 liter,” lanjutnya.

Ia juga mengatakan, ketiga tersangka telah melakukan aksinya selama hampir Dua pekan dan mengirimkan BBM bersubsidi tersebut ke wilayah luar Kota Sukabumi.

“Dari hasil pemeriksaan para tersangka, mereka bisa melakukan pengisian BBM bersubsidi didalam tanki yang sudah dimodifikasi dengan kapasitas hingga 8000 liter atau 8 ton dalam setiap pengirimannya ke Jakarta. Menjelang tol Cigombong, mereka melakukan pergantian driver,” kata AKBP SY. Zainal Abidin.

“Dari penyidikan Sat Reskrim, kita berhasil mengamankan Dua unit kendaraan yang dipergunakan, Dua pompa untuk mentransfer BBM bersubsidi tersebut dan Dua buah selang berdiameter kurang lebih Dua Inchi,” tuturnya.

Hingga saat ini ketiga tersangka masih diamankan di Mapolres Sukabumi Kota guna kepentingan penyidikan. Atas perbuatannya, ketiga tersangka terancam pasal 55 dan 53 huruf b, c dan d terkait penyimpanan, pengangkutan dan niaga yang tidak sesuai dengan ketentuan yang diatur dengan ancaman pidana maksimal 6 tahun penjara.

Pada kesempatan yang sama, AKBP SY. Zainal Abidin mengimbau seluruh masyarakat untuk membantu Polri dalam memelihara kondusifitas kamtibmas dengan memberikan informasi mengenai situasi yang terjadi di lingkungan masyarakat melalui program Bebeja Ka Polres.

“Pada kesempatan ini pula, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, bila menemukan adanya tindak pidana maupun potensi gangguan kamtibmas untuk menginformasikannya kepada kami melalui program Bebeja Ka Polres yang sudah dilengkapi dengan aplikasi pesan singkat di 082126054961 atau melalui media sosial dan call center 110.” pungkasnya.

Sebarkan berita ini .
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Previous Responsif, Bhabinkamtibmas Polwan di Sukabumi Evakuasi ODGJ Yang Ngamuk ke Rumah Sakit
Next Pulihkan Trauma, BKO Polres Sukabumi Kota Hibur Korban Bencana Gempa Bumi Cianjur

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *