Polres Sukabumi Kota Tangkap 6 Terduga Pelaku Kejahatan Konvensional


Satuan Reserse Kriminal Polres Sukabumi Kota berhasil lakukan pengungkapan dan penangkapan kasus kejahatan konvensional. Hal tersebut disampaikan Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni saat menggelar konferensi pers di halaman Mapolres Sukabumi Kota, Senin (12/07/2021) siang.

“Lpnya dari bulan Juni dan Juli. Ada 6 tersangka. 2 tersangka adalah pelaku Curat (pencurian dengan pemberatan), barang buktinya sepeda motor dan Handphone.  Kemudian 4 tersangka pencurian kendaraan bermotor, barang buktinya ada 15 kendaraan bermotor,” ujar Sumarni kepada awak media.

Sumarni menyebutkan bahwa 2 terduga pelaku curat, O (30) dan IN (38) berhasil ditangkap setelah sebelumnya terlibat dalam aksi perampasan 1 unit  telepon gengam milik warga di Sukakarya Warudoyong Kota Sukabumi.

“Ketika ada seorang warga masyarat sedang duduk bermain HP, main game, tiba-tiba Hpnya direbut dan dirampas oleh pelaku,” sebut Sumarni.

Selain itu, Sumarni juga menjelaskan bahwa Jajarannya kembali berhasil menangkap 2 pelaku spesialis curanmor (pencurian kendaraan bermotor) yang kerap melakukan aksinya terhadap sepeda motor yang terparkir dan ditinggalkan pemilik. Keduanya berhasil ditangkap di wilayah Cibadak Kabupaten Sukabumi pada Kamis (08/07/2021).

“Kejadian kedua di Warudoyong, Curanmor dengan tersangka DR (39) alias J, MS (27) alias G, melakukan pencurian kendaraan roda dua yang parkir di pinggir jalan dengan menggunakan kunci letter T,” jelas Sumarni.

Sumarni juga membeberkan bahwa Jajarannya juga berhasil menangkap 2 pelaku lainnya, R (21) dan YH (39) yang diduga seringkali menerima, membeli dan menjual sepeda motor hasil kejahatan. Kedua warga Kabupaten Sukabumi tersebut berhasil diamankan Polisi di lokasi berbeda pada Jum’at (09/07/2021) siang dan Minggu (11/07/2021) dini hari.

“Kemudian ada tersangka 2 lagi, pelaku penadahan inisialnya R alias O dan YH alias U, pelaku ini sudah beberapa kali membeli dan menjual sepeda motor hasil pencurian yang dilakukan oleh pelaku,” beber Sumarni.

Kini, ke-6 tersangka masih diamankan di Mapolres Sukabumi Kota guna menjalani proses penyidikan dan terancaman hukuman maksimal 7 hingga 9 tahun penjara.

“Para tersangka, pelaku Curas kami kenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman maksimal 9 tahun kemudian pelaku curanmor roda dua dengan pasal 363 KUHP ancaman maksimalnya 7 tahun kemudian pendahan 481 ancaman maksimalnya 7 tahun,” pungkas Sumarni.

Masih dalam keteangannya, Sumarni menerangkan bahwa dirinya akan segera mengumumkan data dan informasi mengenai identitas belasan sepeda motor yang telah berhasil diamankan melalui media sosial.

“Nanti kami akan rilis nomor rangka, nomor mesin seluruh kendaraan bermotor roda dua ini dan kita akan umumkan di media sosial kami di Instagram Polres Sukabumi Kota,” terang Suamrni.

“Silahkan seluruh warga masyarakat yang mungkin pernah merasa motornya hilang dan sudah melaporkan kepada pihak yang berwajib, silahkan dicek nomor rangka dan nomor mesinnya, akan kami sampaikan di IG Polres Sukabumi Kota, bisa melihat dan bisa datang kesini,” tambahnya.

Masih kata Sumarni, “Di masa pandemi covid ini tentunya ada korelasi dengan peningkatan kriminalitas khususnya kriminalitas yang konvensional seperti Curat, Curas, Curanmor. Kami juga mengantrisipasinya dnegan mengggiatkan kegiatan patroli sampai dengan shubuh hari. Jadi kita bagi jam-jam rawannya, kita lakukan patroli dalam rangka antisipasi para pelaku beroperasi di jam-jam rawan tersebut,” kata Sumarni.

“Kami juga menggiatkan kegiatan-kegiatan razia di malam hari untuk mengantisipasi kendaraan-kendaraan yang merupakan hasil dari kejahatan. Beberapa kasus ketika kami melakukan razia, kendaraan-kendaraan ini banyak yang tidak dilengkapi dengan plat nomor sehingga kita mencurigai, jangan-jangan ini kendaraan hasil kejahatan, makanya kita aktifkan kegiatan-kegiatan razia malam untuk mencari sekaligus mengantisipasi terjadinya kasus-kasus kriminalitas khususnya kasus curanmor,” tandasnya.

Sebarkan berita ini .
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Previous Ringankan Beban Warga di Tengah PPKM Darurat, Polres Sukabumi Kota Bagi-bagi Sembako
Next Susuri Pemukiman Warga, Polwan di Sukabumi Ingatkan Pembatasan Kegiatan Selama PPKM Darurat

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *