Tim Maung Hideung Polres Sukabumi Kota Bekuk Enam Spesialis Pembobol ATM


Enam pelaku spesialis pencurian dengan modus Ganjal ATM (anjungan tunai mandiri) jaringan antar Provinsi dibekuk Tim Maung Hideung Sat Reskrim Polres Sukabumi Kota saat beraksi di salah satu mesin ATM di Pertigaan rumah sakit Bunut, Jalan Siliwangi Cikole Kota Sukabumi, Rabu (03/02/2021) sore.

Komplotan pelaku yang berasal dari Lampung tersebut adalah I (35), DY (40), S (40), AS (30), AS (35) dan ES (30). Ke-Enamnya berhasil ditangkap Polisi setelah sebelumnya sempat melakukan perlawanan hingga Polisi terpaksa keluarkan tembakan peringatan.

Peristiwa penangkapan terhadap ke-Enam pelaku yang dibarengi suara tembakan tersebut sempat terekam kamera amatir dan dibagikan warganet hingga viral di jejaring sosial.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni membenarkan peristiwa penangkapan yang dilakukan Jajarannya terhadap para pelaku. Hal itu disampaikannya saat jumpa pers dengan awak media di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu (03/02/2021) malam.

“AlhamdulilLah, selama lebih Dua bulan kami melakukan pengintaian terhadap para pelaku, tepatnya tadi sore jam 14.45 Wib, kita berhasil menangkap Enam orang pelaku yang tadinya juga mereka akan melakukan aksi pencurian di ATM,” ujar Sumarni kepada awak media.

Dari penangkapan tersebut Polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa ; Dua unit mobil, Delapan unit telepon seluler, 107 buah kartu ATM, Enam buah dompet dan Satu kotak tusuk gigi.

Hasil pemeriksaan sementara menyebutkan bahwa modus yang dilakukan oleh para pelaku adalah dengan cara berpura-pura membantu pengguna ATM yang kesulitan mengambil uang dengan mengganti kartu ATM yang telah disiapkan para pelaku.

“Modus operandi yang mereka lakukan adalah pada saat korban akan mengambil uangnya di mesin ATM, para pelaku sudah mengantri di belakang korban. Kemudian ketika ada kesulitan yang dialami oleh korban saat menarik uang, mereka pura-pura menawarkan bantuan. Kemudian mereka langsung menukar ATMnya korban dengan ATM yang sudah mereka siapkan dan mereka masukan dengan mengganjal menggunakan tusuk gigi,” terang Sumarni.

Pasca tertangkapnya komplotan pencuri Spesialis dengan modus ganjal ATM tersebut, Sumarni mengimbau masyarakat untuk lebih waspada saat melakukan transaksi di ATM.

“Kepada masyarakat agar lebih hati-hati ketika mengambil uangnya di mesin ATM, harus waspada siapa yang antri di belakangnya, jangka sampai mereka menjadi korban kejahatan dan hati-hati ketika akan meminta bantuan, mintalah bantuan kepada petugas yang benar-benar berseragam seperti Satpam atau pencet Call Center dari bank yang bersangkutan,” imbau Sumarni.

Sumarni juga menjelaskan bahwa para pelaku spesialis pencurian dengan modus ganjal ATM tersebut merupakan jaringan antar provinsi.

“Jadi mereka sudah melakukan kasus serupa di beberapa tempat, ada yang di Banten, Jakarta, Bandung, Bogor, Purwakarta, termasuk di Sukabumi,” jelas Sumarni.

“Di Sukabumi sendiri, mereka sudah beraksi dan berhasil mengambil uang di salah satu ATM di Cisaat, hingga korban sempat kehilangan uang di ATMnya sebesar Rp. 153.000.000 (Seratus Lima Puluh Tiga Juta Rupiah),” tandasnya.

Masih kata Sumarni, “Pada saat penangkapan tadi, ada sedikit perlawanan ya dari para pelaku, mereka akan menabrakkan mobilnya ke kendaraannya petugas, terpaksa kami tadi, tim Maung Hideung mengeluarkan tembakan peringatan, alhamdulilLah berhasil kita ringkus,” kata Sumarni.

Hingga saat ini, para pelaku masih jalani pemeriksaan Polisi. Ke-Enam pelaku tersebut dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 9 tahun.

Sebarkan berita ini .
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Previous Polres Sukabumi Kota Gelar Silaturahmi Dengan MKKS, SMK Kota Sukabumi
Next Bersama Kemenag Sukabumi, Kapolres Sukabumi Kota Cek Penerapan Protkes di Kawasan Pondok Pesantren

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *